Monday, April 4, 2011

Home » » Program Inap Semalam

Program Inap Semalam

I. Pendahuluan
Kunjungan Kerja adalah sebuah kegiatan yang sering dilaksanakan oleh para pejabat Pusat atau Daerah untuk, melihat, mendengar, mengamati, mengevaluasi dan mengetahui langsung berbagai aspirasi, informasi, masalah dan data yang berhubungan dengan berbagai program pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan kemasyarakatan di lokasi kunjungan. Dari berbagai data dan informasi yang diperoleh dapat dijadikan dasar untuk mengambil berbagai kebijakan dan keputusan yang akan berguna untuk merencanakan kegiatan pemerintahan, pembangunan infrastruktur pedesaan, dan pemberdayaan kemasyarakatan yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
II. Latarbelakang/Permasalahan
Berdasarkan hasil pengamatan dan pengolahan data serta berbagai informasi yang dihimpun dari berbagai sumber menyimpulkan bahwa kunjungan kerja yang dilakukan selama ini kurang bermanfaat dan bahkan tidak berdampak bagi masyarakat yang dikunjungi karena disebabkan oleh beberapa hal yang dapat disimpulkan, antara lain:
1. Waktu kunjungan yang relative sangat singkat, hanya berdurasi antara 2 – 3 jam.
2. Pidato Pejabat yang berkepanjangan, membosankan dan menghabiskan waktu.
3. Bahasa yang digunakan sulit dimengerti dan dipahami oleh masyarakat kebanyakan.
4. Kesempatan berdialog relative dipersingkat dengan berbagai alasan.
5. Hanya merugikan masyarakat dan Pemerintahan setempat karena justru menimbulkan biaya tinggi.
III. Analysis Masalah
a. Waktu Kunjungan yang singkat dapat diperpanjang sesuai dengan keadaan.
b. Pidato membosankan dan menghabiskan waktu dapat diganti dengan dialog interaktif langsung dengan masyarakat dari hati ke hati sehingga masyarakat bebas mengemukakan pendapat atau permasalahan yang dihadapi.
c. Bahasa yang digunakan sederhana, tidak menggunakan istilah yang justru membuat masyarakat bingung dan kalau perlu menggunakan bahasa setempat.
d. Waktu dialog jangan dibatasi sehingga masyarakat secara bebas dapat mengemukakan berbagai permasalahan didesanya.
e. Kalau ada acara makan dan minum supaya ditanggung bersama atau oleh Pemerintah Kabupaten sehingga tidak menimbulkan biaya tinggi dan atau membebani masyarakat.

IV. Penyelesaian Masalah
Berdasarkan latarbelakang/permasalahan tersebut di atas, maka dalam masa kepemimpinan Bupati Drs. Sosimus Mitang dan Wakil Bupati Dr. Wera Damianus, M.M. periode 2008 – 2013, telah melakukan analysis terhadap masalah kunjungan kerja dan telah membuat program kunjungan kerja Pejabat Kabupaten ke Kecamatan dan Desa agar bermanfaat bagi masyarakat di Lokasi yang dikunjungi. Program Kunjungan tersebut dinamakan “Program Inap Semalam”. Maksud dan tujuan dari program tersebut adalah agar para pejabat Kabupaten semakin dekat dengan masyarakatnya sehingga dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan berbagai hal yang dianggap masyarakat di lokasi kunjungan kurang bermanfaat atau bahkan tidak berdampak. Dengan program Inap Semalam, diharapkan para pejabat yang melakukan kunjungan kerja dan masyarakat di lokasi kunjungan mempunyai banyak waktu untuk bisa berdialog, saling memberi dan menerima berbagai data dan informasi tentang keadaan kecamatan dan desa yang bersangkutan. Selain saling berbagi informasi dan data, juga bermanfaat untuk menciptakan suasana keakraban antara pribadi maupun antara pemerintah dan rakyatnya.
V. Manfaat yang diperoleh
a. Dengan hadir dan menginap di desa kita dapat secara langsung melihat sendiri keadaan kehidupan yang sebenarnya dari masyarakat di lokasi kunjungan.
b. Dengan berada dan menginap di desa kita dapat merasakan dan memahami penderitaan yang dirasakan masyarakat daripada hanya mendengar laporan lisan atau tertulis di belakang meja.
c. Dengan berada bersama masyarakat di desa dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa pemerintah kabupaten memberikan perhatian penuh dan dukungan untuk membantu mereka keluar dari permasalahan.
d. Dengan menginap di rumah penduduk, penghuni rumah memiliki harga diri dan kebanggaan bahwa rumah kediamannya pernah ditempati/diinapi oleh pejabat kabupaten walau hanya semalam.
e. Dengan berada di desa secara psikologis dapat mengangkat semangat petugas lapangan dalam menjalankan tugas dilapangan.
f. Dan yang terpenting adalah kita dapat langsung membuat penilaian yang diperlukan untuk menentukan rencana aksi pemerintah kabupaten terutama untuk situasi darurat.
VI. Simpulan
Berdasarkan analysis masalah dan penyelesaian masalah tersebut diatas, maka dapat disimpulkan bahwa untuk dapat menghimpun berbagai aspirasi masyarakat secara baik sangat diperlukan adanya kunjungan kerja dan program inap semalam di kecamatan dan desa lokasi kunjungan.

No comments:

Post a Comment